Ceremonial Adat Kasada Di Gunung Bromo

Yadnya Kasada Bromo adalah ritual keagamaan dan adat istiadat suku tengger di gunung bromo yang diadakan setiap tahun di pura poten kaki gunung bromo.

Kasodo Bromo berawal dari kisah pasangan “Joko Seger” Dan “Roro Anteng”. Mereka tidak di karunia anak sehingga mereka melakukan semedi atau bertapa kepada Sang Hyang Widhi, tiba-tiba ada suara gaib yang mengatakan bahwa semedi mereka akan terkabul namun dengan syarat bila telah mendapatkan keturunan, anak yang bungsu harus dikorbankan ke kawah Gunung Bromo.

Berdasarkan sejarah bahwa joko seger dan roro anteng adalah pasangan yang membangun pemukiman dan kemudian memerintah di kawasan Tengger dengan sebutan Purbowasesa Mangkurat Ing Tengger, yang mempunyai arti “Penguasa Tengger yang Budiman”.Nama Tengger sendiri berasal dari nama belakang keduanya.

Ceremonial Adat Kasada Di Gunung Bromo

Tradisi Upacara Kasada Di Gunung Bromo

Hari Raya Yadya Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Setiap bulan Kasada hari-14 dalam Penanggalan Jawa diadakan upacara sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur.

Kebiasaan ini diikuti secara turun temurun oleh masyarakat Tengger dan setiap tahun diadakan upacara Kasada Bromo di Pura Poten lautan pasir dan kawah Gunung Bromo.

Untuk Anda yang ingin mengetahui tata cara prosesi Adat Upacara Kasada Bromo Tahun ini silahkan klik link berikut “Jadwal Kasada Bromo Tahun Ini

Alunan gamelan mengiringi kedatangan ribuan umat Hindu Tengger beserta wisatawan nusantara dan mancanegara. Mereka menghadiri malam resepsi Yadnya Kasada, ritual khas Suku Tengger, suku yang tersebar di 60 Desa sekitar Gunung Bromo meliputi Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang.

Selain musik gamelan, para tamu disuguhi dengan pementasan tari Sembilan Dewa serta tari Roro Anteng dan Joko Seger. Tarian yang dianggap sakral bagi warga Tengger ini mengisahkan legenda asal usul masyarakat Tengger.

Acara resepsi perayaan upacara kasada di gunung bromo dimulai dengan acara tarian legenda suku tengger dan saat pementasan ini harus berurutan karena jika hal ini tidak dilaksanakan berurutan diyakini akan berakibat meletusnya gunung bromo seperti tahun lalu “2015- 2016”.

Berminat untuk hadir di acara kasada silahkan hubungi Agent Bromo Tour Travel kami untuk informasi tentang Harga Paket Wisata Bromo Kasada 2 Hari 1 Malam.

Trip Bromo | Paket Wisata Bromo Tour Travel © 2014 Bromo Tour